Jenis jenis kegiatan di Rumah Harapan Tapos

by - January 01, 2018

Dalam mengemban Amanah yang mulia ini, RUMAH HARAPAN TAPOS berupaya menciptakan berbagai program yang ditujukan kepada pemberdayaan anak yatim piatu, anak putus sekolah, dan anak terlantar. Beberapa program tersebut telah kami jalankan namun masih dalam skala kecil karena keterbatasan biaya, sarana dan prasarana yaitu :

  1. Menyediakan tempat tinggal yang layak untuk mereka;
    Anak yatim, piatu, anak putus sekolah, dan anak terlantar saat ini diberikan tempat tinggal sebagai rumah singgah sehingga mereka dapat hidup di tempat yang baik, tidak di jalan-jalan ataupun di tempat yang kurang baik bagi mereka. Tentunya program ini sangat penting sebagai rumah binaan, mengajarkan mereka bagaimana hidup yang sehat dan bahagia. Saat ini anak-anak asuh RUMAH HARAPAN TAPOS tinggal di asrama dengan keterbatasan areal yang kurang luas. Masih dibutuhkan perluasan tanah untuk penambahan sarana penunjang lainnya seperti untuk tambahan asrama, ruang belajar, lapangan bermain, taman, perpustakaan dan laboratorium.
  2. Memberikan pelayanan pendidikan;
    Rumah Harapan Pondok Pesantren Daarussalaam juga berupaya menyediakan pendidikan gratis bagi anak yatim piatu, anak putus sekolah, dan anak terlantar sebagai wujud tanggung jawab bersama. Kami menyediakan pendidikan dari Taman Kanak-kanak/Roudhotul Atfal, Sekolah Dasar/MAdrasah Ibtidaiyah, Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah, Sekolah Menengah Atas/MAdrasah Aliyah, dan perguruan tinggi. Kondisi saat ini kami masih bekerjasama dengan beberapa sekolah pondok pesantren sekitar panti dalam memberikan layanan pendidikan tersebut.
  3. Membekali mereka dengan entrepreneurship (kewirausahaan);
    Disamping menekankan akan aspek kognitif anak yatim piatu, dan anak terlantar, kami juga menyelenggarakan entrepreneurship untuk mereka sebagai bekal untuk hidup mandiri sekaligus juga mampu membuka lapangan pekerjaan untuk orang lain. Kondisi saat ini pun kami telah membuka usaha kecil berupa :

    a.    Pembuatan roti manis dan kue dengan merek KAFFAH
    b.    Pengemasan makanan cemilan
    c.    Agrobisnis (perkebunan, peternakan)
    d.    Toko sembako dan Busana
    e.    Travel umroh

    Usaha-usaha tersebut dibuat untuk mewujudkan semangat intrepreneurship para anak-anak asuh. Akan tetapi usaha-usaha tersebut baru hanya mampu membiayai hidup beberapa anak yatim saja, dan kami berupaya terus mengembangakan program ini. Diantaranya yaitu :

    a.    Perluasan pemasaran roti Kaffah
    b.    Membuka Taman wisata mini
  4. Memberikan pelayanan kesehatan;
    Disamping layanan pendidikan, kami juga memberikan layanan kesehatan kepada anak yatim piatu, anak putus sekolah, dan anak terlantar. Akan tetapi, saat ini belum memberikan fasilitas yang memadai untuk kesehatan mereka. Dengan bantuan beberapa pihak nanti, kami yakin akan mampu memberikan layanan kesehatan yang terbaik kepada mereka.
  5. Mendirikan koperasi;
    RUMAH HARAPAN TAPOS juga mempersiapkan koperasi sebagai unit usaha dan menghidupi semua anggotanya. Insya Alloh dengan bantuan beberapa pihak program ini dapat bergulir secepatnya.
  6. Mendirikan RUMAH TAHFIZ;
    Rumah Harapan Disamping memberikan pendidikan formal untuk anak-anak asuh juga memberikan pembinaan akhlak serta membudayakan kepada mereka untuk menghafal, memahami, dan mengamalkan isi al-Qur’an. Kegiatan menghafal al-qur’an (tahfiz) sudah berjalan sejak perjalanan Panti ini dimulai. Namun kegiatan tersebut baru terbatas untuk anak-anak yang mukim di dalam panti.

    Di momen Tahun Baru Hijriah tahun lalu (1438 H), Rumah Harapan telah membuka RUMAH TAHFIZ untuk umum dan lintas umur tanpa biaya alias Gratis, yang diharapkan dengan adanya Rumah Tahfiz ini ummat Islam disemua kalangan umur khususnya yang berada di Kelurahan Cilangkap ini yang berniat menghafal Al-Qur’an bisa terbantukan sehingga ketika banyak kaum muslimin yang berkecendrungan menghafal, memahami, dan mengamalkan Al-Qur’an semakin banyak akan ber-efek pada keberkahan Negeri ini khususnya kelurahan Cilangkap.
  7. Memberi Pembinaan dan Santunan untuk Yatim dan Janda Sekitar Panti;
    RUMAH HARAPAN TAPOS juga mengajarkan kepada anak-anak asuhnya untuk belajar BERBAGI kesesama manusia khususnya kepada mereka yang tidak mampu. Salah satunya adalah dengan diadakannya pembinaan kerohanian untuk para janda tua yang berada di sekitar Panti yang  sampai saat ini Janda tua binaan Rumah Harapan sudah berjumlah 250 orang. Program kedepan akan diadakan pemberdayaan para janda tersebut dalam kewirausahaan.
  8. Mengadakan Majlis Zikir dan Tausiyah;
    RUMAH HARAPAN TAPOS juga mengadakan acara zikir dan tausiyah untuk kaum ibu dan bapak secara umum yang diadakan tiap hari ahad ke-4 tiap bulannya. Kegiatan ini diadakan dengan tujuan menebar berkah untuk keluarga masing-masing jamaah dan juga untuk bangsa Indonesia.

You May Also Like

0 comments